Nasihat buat yang lagi Galau


Ini kisah waktu masih tahun pertama menginjakkan kaki di dunia perkuliahan, masih semi dewasa karena gak terasa baru kemaren sepertinya lulus MOS SMANDA. Dimasa galau seperti saat ini, masih seneng rasanya merasakan euphoria “kebebasan” jauh dari orang tua.
Suatu ketika, sempat terlintas dalam pikiran untuk punya teman dekat (baca : pacar). Saat-saat dalau seperti ini biasanya sih cerita sama pakde (dipanggil begitu karena paling bijak sejak SMA). Oke deh, maen ke kosan pakde aja sambil cerita-cerita.
“Assalamu’alaykum pakde”, salamku
“Wa’alaykumsalam wr wb”.balas pakde. “ada apa neh?”
“gini pakde, ane lagi galau”
“oke2, silakan cerita”
“jadi pakde, di kampus ane kan banyak banget tuh ceweknya (maklum farmasi = fakultas rame mahasiswi). Trus ane tertarik sama seorang akhwat disana pakde”
“njuk ngopo?”
“ane pengen pacaran pakde”
“oh”
“koq cuma oh?”
“lha mangnya kenapa?”
“ane minta nasehat pakde”
“gini bro…, coba ceritain kenapa ente kepikiran buat pacaran?”
“sebenernya sih pakde, ane tertarik sama tu akhwat karena dia BEGITU INDAH (soundtrack by : Padi). Wajahnya rupawan, kelakuannya baik, orangnya pinter, murah senyum, berbakti kepada orang tua dan lain-lain”.
“ente yakin dia suka sama ente?”
“belum dicoba mana tau pakde”
“oke gini, seandainya dia juga suka terus ente berdua jadian, ente mau ngapain?”
“ya kayak orang pacaran umumnya pakde, jalan2 berdua, makan bareng, ngerjain tugas bareng, smsan, telpon2an, curhat2an and many more, pakde kayak gak pernah muda aja?”
“ente kayak gak punya temen aja kesepian, kalo Cuma hal begitu kan bisa dilakuin bareng temen2 ente yang lain, rame2 kan malah lebih asyik.”
“Tapi kan beda pakde…,”
“bedanya dimana? Ente mungkin merasakan sensasi yang berbeda waktu awal-awal pacaran, merasa ada yang merhatiin, ada yang menghibur di waktu sedih, ada yang memberi semangat di waktu gundah dulana. Tapi apa itu bakal bertahan lama? Setahu ane, romantisme semacam itu paling banter Cuma bertahan 1 tahun, tu juga uda kelamaan. Trus selanjutnya bakalan diisi dengan berantem, cemburu gak beralasan, saling curiga… soalnya setan uda ikut campur disana. Lagipula kalo ente merenung sejenak, pasti ente ketemu sama yang selama ini udah sayang sama ente, dan rasa sayangnya jauh lebih besar dari yang ente sadar. Rasa sayang itu dari Allah, Tuhan ane sama ente, dari orang tua ente yang uda ngebesari ente tanpa pamrih. Kalo ente pacaran juga yang modalin masih ortu ente toh, gak malu apa kita ngasih kasih sayang sama orang yang baru kita kenal tapi lupa sama ortu kita sendiri?”
“trus ane mesti ngapain pakde?”
“mending ente fokusin aja dulu buat membalas budi orang tua ente, sambil siap-siap buat hubungan yang lebih kekal. Kalo ente sama pasangan ente sama2 sholeh dan sholehah insya Allah hubungan kalian kekal sampe surge.”
“Maksud pakde nikah? Ane belum siap pakde…”
“yup ente bener bro… kalo belum siap ya disiapin lah…ente kan masih muda, masih punya banyak waktu untuk siap2. Apalagi yang ente pilih akhwat, dia juga pasti gak sembarangan pilih orang”
“mang yang perlu disiapin apa pakde?”
“kata ustad ane sih ada 4 hal yang penting buat disiapin sebelum nikah”
“apa aja pakde?”
“santai dikit napa bro?”
“oiya pakde…ayo2 lanjutin”
“ jadi gini, ada 4 hal yang perlu disiapin
1. ilmu…dalam hal ini ilmu agama buat ngebimbing istri sama anak2 ente nantinya… malu kan kalo ditanya tentang ini itu tapi gak bisa jawab.
Trus yang ke-2 itu psikologis, jangan ente piker nikah itu Cuma ada enaknya aja, seperti ane bilang tadi kalo romantisme itu Cuma bertahan 1 tahun paling lama, tapi kalo untuk nikah bisa lebih cepet hilang ataupun bisa sampe maut memisahkan. Tergantung dari psikologis ente sama pasangan ente. Karena kalo uda nikah pasti kebuka semua kekurangan yang selama ini ente belum tahu dan itu wajar. Jadi ente harus bersiap untuk ngadepin itu semua. Belum lagi nanti pasti ada konflik rumah tangga. Entah itu sama istri ente, mertua ente atau sama keluarga istri ente yang lain. Ente juga harus bisa menengahi hubungan istri ente sama keluarga ente. Karena hakikat pernikahan itu menyatukan dua keluarga, bukan Cuma ente sama istri ente aja.
Yang ke-3 tu kesehatan jasmani, ente gak mau kan keliatan loyo di depan pasangan ente? Masa dikit2 capek, bentar2 tidur, trus apa fungsi ente sebagai kepala keluarga? Seenggaknya kan bisa jadi contoh buat anak istri dirumah
Nah yang terkahir nih yang gak kalah penting, ente harus punya kemapanan secara financial. Uda jelas toh kalo istri ente juga manusia yang Cuma bisa makan-makanan manusia. Gak bisa dikasih makan cinta doing. Ente harus siapin nih sumber penghasilan buat keluarga, syukur-syukur kalo tetap dan standarnya tinggi, masa uda nikah ente masih mau netek orang tua melulu. Trus ente juga harus nyiapin buat mahar, biaya pernikahan, rencana pendidikan anak2 ente dan banyak lagi yang butuh biaya, jangan Cuma modal dengkul doang.”
“wuih koq banyak banget pakde? Kapan siapnya ane, keburu si dia diambil orang”
“ya makanya segera disiapin bro…, kalo niat ente memang lurus, pasti dibantu koq sama Allah, perjuangan memang sedikit lebih berat, tapi kalo dibandingin dengan hasilnya kelak ente gak bakalan nyesel deh. Yakinlah sumpah. Perkara si dia diambil orang atau gak itu bukan urusan ente, ente kan juga belum tahu pasti dia jodoh ente apa bukan. Lagian ente tadi bilang kalo fakultas ente rame mahasiswi, kalopun gak dapet yang satu fakultas kan bisa maen2 ke fakultas laen. Jadi ikhtiar aja dikuatin trus tawakal disela-sela usaha ente PASTI KAU BISA (OST : So7).”
“wah, iya juga pakde. Makasih banget pakde, ane langsung cabut ya”
“eh, mau kemana ente?”
“mau ikhtiar pakde”
“buset tuh anak, uda kebelet kali ya? Sampe lupa ngucap salam. Ane aja belum siap, dia uda mau duluan aja, semoga berhasil deh.”
-sekian-
Terinspirasi dari beberapa status galau di FB dan kajian ust. Anis Matta (disampaikan lewat akh Hanif Imsa Alfasandi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media untuk Menumbuhkan Kesadaran Bangsa

Sheila on 7

Batas minimal 20 menit